Pengembangan Media Miniatur Tranportasi Darat Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Zalifah, 160210068 (2021) Pengembangan Media Miniatur Tranportasi Darat Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Miniatur Tranportasi Darat Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini]
Preview
Text (Pengembangan Media Miniatur Tranportasi Darat Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini)
Zalifah, 160210068, FTK, PIAUD, 085359929857.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kreativitas anak usia dini merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberi ide kreatif dalam memecahkan masalah sederhana atau hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sudah ada dengan pengalamannya. Kreativitas merupakan bakat yang secara potensial dimiliki oleh setiap orang yang dapat diidentifikasi dan dipupuk melalui pendidikan. Kreativitas dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik apabila lingkungan belajar anak turut menunjang dengan disediakannya media-media yang bervariasi, sehingga perlu adanya pengembangan media miniatur transportasi darat. Pengembangan media dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kelayakan uji materi dan media, dan peningkatan kreativitas anak usia dini. Pengembangan ini menggunakan jenis penelitian R&D, sedangkan model pengembangannya menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Kelayakan materi dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata 3,4 dengan persentase 85% berada dalam kategori sangat layak, kelayakan media memperoleh nilai rata-rata 3 dengan persentase 77% berada dalam kategori layak. 2) Pengembangan media miniatur transportasi darat dapat meningkatkan kreativitas anak berdasarkan hasil nilai observasi tahap I memperoleh nilai rarta-rata 19,5 dengan persentase 54% berada dalam kategori mulai berkembang, kemudian dilakukan observasi tahap II memperoleh nilai rata-rata 30,7 dengan persentase 85% berada dalam kategori berkembang sangat baik. Dengan demikian media miniatur transportasi darat sangat baik untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5–6 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah S.Ag, M.A Pembimbing II : Putri Rahmi M.Pd
Uncontrolled Keywords: Miniatur Tranportasi Darat, Kreativitas, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Zalifah Zalifah
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:13
Last Modified: 17 Jun 2021 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17374

Actions (login required)

View Item
View Item