Pengembangan Buku Lift The Flap untuk Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini

Arnis Wardani, 160210108 (2021) Pengembangan Buku Lift The Flap untuk Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Buku Lift The Flap untuk Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini]
Preview
Text (Pengembangan Buku Lift The Flap untuk Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini)
Arnis Wardani, 160210108, FTK, PIAUD, 085257106905.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat di PAUD Ibnu Sina adalah anak usia 4-5 tahun belum mengetahui pendidikan seks (aurat laki-laki dan perempuan, dan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh dan masih terbatasnya sebuah media dalam pembelajaran khususnya dalam mengenalkan pendidikan seks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku Lift The Flap sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan pendidikan seks anak usia 4-5 tahun, dan mengetahui kelayakan media buku lift the flap sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk awal. Berdasarkan hasil penilaian materi buku lift the flap oleh ahli materi berdasarkan setiap aspek mendapatkan kriteria penilaian “Sangat Layak”. Penilaian ahli media berdasarkan setiap aspek mendapatkan kriteria penilaian “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PAUD Ibnu Sina dapat disimpulkan bahwa media buku lift the flap untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 4-5 tahun “Layak” digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran sesuai dengan hasil penilaian lembar observasi pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, S.Ag,M.A Pembimbing II : Dewi Fitriani. M.Ed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seks, Buku Cerita Anak, Lift The Flap
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Arnis Wardani Arnis
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:26
Last Modified: 18 Jun 2021 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17376

Actions (login required)

View Item
View Item