Perjanjian Royalti dan Sistem Pembagiannya antara Pengarang dan Penerbit Buku dalam Perspektif Ḥaq al-ibtikār (Studi Kasus pada Penerbit Bandar Publishing di Banda Aceh)

Raudhatul Ulya, 160102217 (2021) Perjanjian Royalti dan Sistem Pembagiannya antara Pengarang dan Penerbit Buku dalam Perspektif Ḥaq al-ibtikār (Studi Kasus pada Penerbit Bandar Publishing di Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perjanjian Royalti dan Sistem Pembagiannya antara Pengarang dan Penerbit Buku dalam Perspektif Ḥaq al-ibtikār (Studi Kasus pada Penerbit Bandar Publishing di Banda Aceh)]
Preview
Text (Perjanjian Royalti dan Sistem Pembagiannya antara Pengarang dan Penerbit Buku dalam Perspektif Ḥaq al-ibtikār (Studi Kasus pada Penerbit Bandar Publishing di Banda Aceh))
Raudhatul Ulya, 160102217, FSH, HES, 082289264398.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bentuk hak milik terhadap harta yang bernilai ekonomi khusus untuk karya cipta disebut dengan hak cipta dan dalam khazanah fiqh muamalah dikenal dengan istilah ḥaq al-ibtikār. Ḥaq al-ibtikār merupakan suatu hasil pemikiran dari seseorang yang bukan merupakan jiplakan, plagiat atau pengulangan dari pemikiran ilmuwan sebelumnya. Royalti merupakan bentuk hak ekonomi yang menjadi pemasukan dan penghasilan bagi penulis sebagai bentuk penghargaan atas karya ciptaannya. Pemberian royalti yang pantas dapat meningkatkan minat dan motivasi bagi pengarang buku agar terus menghasilkan karya yang bermutu dan berkualitas. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Surat Perjanjian Penerbitan Buku (SPPB) dan penetapan royalti antara pengarang dan penerbit buku, perhitungan pendapatan dan realisasi pembagian royalti, serta konsep pembayaran royalti antara pengarang dan penerbit buku. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan mengumpulkan data-data melalui kepustakaan maupun lapangan untuk dianalisis secara faktual. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Direktur Bandar Publishing, karyawan serta penulis buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses penerbitan buku pada penerbit Bandar Publishing dilakukan melalui tiga tahap yaitu pra produksi, produksi, dan paska produksi yang dilakukan secara detail dan sistematis. Isi dari surat perjanjian penerbitan buku (SPPB) pada penerbit Bandar Publishing yaitu pasal-pasal mengenai ijin penerbitan (lisensi), otoritas penerbit dan penulis, royalti, force majore, masa akhir perjanjian dan penyelesaian sengketa. Mekanisme penetapan dan perhitungan royalti antara pengarang dan penerbit Bandar Publishing dilakukan dengan sistem persentase dengan menggunakan rate 10% untuk setiap buku yang diterbitkan, sistem bagi hasil buku dan sistem lepas hak cipta. Berdasarkan ketentuan dalam Fiqh Muamalah, ḥaq al-ibtikār yang diterapkan pada Penerbit Bandar Publishing dilakukan secara legal dalam ketentuan Fiqh Muamalah dan hukum positif dengan memperhatikan asas kerelaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Edi Darmawijaya, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Muhammad Iqbal, M.M
Uncontrolled Keywords: Ḥaq al-ibtikār, Royalti, Pengarang, Penerbit
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Raudhatul Ulya
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:42
Last Modified: 17 Jun 2021 04:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item
View Item