Pemenuhan Hak Khusus Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Sigli Menurut HAM (Tinjauan Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 dan Pelaksanaannya)

Nurfathanah, 150106098 (2019) Pemenuhan Hak Khusus Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Sigli Menurut HAM (Tinjauan Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 dan Pelaksanaannya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemenuhan Hak Khusus Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Sigli Menurut HAM (Tinjauan Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 dan Pelaksanaannya)]
Preview
Text (Pemenuhan Hak Khusus Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Sigli Menurut HAM (Tinjauan Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 dan Pelaksanaannya))
Nurfathanah, 150106098, FSH, IH, 082274640488.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hak-hak narapidana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Penelitian ini lebih memfokuskan kepada hak-hak khusus narapidana perempuan yang meliputi hak narapidana yang sedang hamil/ melahirkan/ menyusui, dalam permasalahan hak-hak khusus narapidana perempuan dilihat dari segi hak asasi manusia karena keberhasilan suatu proses pemenuhan hak khusus itu tergantung pada proses pelaksanaan hak khusus tersebut yang sesuai dengan hak asasi yang dimiliki setiap manusia. Dari permasalahan di atas maka yang menjadi pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pemenuhan hak khusus narapidana perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Sigli, apa saja faktor yang menjadi penghambat terpenuhinya hak khusus narapidana perempuan, dan bagaimana tinjauan hak asasi manusia terhadap pelaksanaan pemenuhan hak khusus narapidana perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Sigli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian yaitu yuridis empiris atau penelitian sosiologis dengan melakukan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak-hak khusus narapidana perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Sigli belum terpenuhi dengan baik sebagaimana halnya dalam hak-hak yang dimiliki berdasarkan hak asasi manusia. Faktor tidak terpenuhinya hak khusus narapidana perempuan dengan baik dikarenakan banyak kendala yang dihadapi yaitu mulai dari tidak adanya peraturan yang mengatur secara khusus dan rinci mengenai hak khusus narapidana perempuan, kurangnya anggaran atau dana operasional, dan kurangnya dukungan dari pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Khairani, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Gamal Achyar, Lc.,M.A
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan, Hak Khusus Narapidana Perempuan, Lapas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 365 Lembaga permasyarakatan dan lembaga berkaitan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Nurfathanah Nurfathanah
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:28
Last Modified: 18 Jun 2021 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item
View Item