Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya

Aja Nur Fadhli, 160208056 (2021) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya)
Aja Nur Fadhli, 160208056, FTK, PKM, 082277821508.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif ini dilatarbelakangi oleh ketika guru melakukan tes hasil belajar pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, soal yang digunakan belum menuliskan Kata Kerja Operasional (KKO) sesuai dengan level kognitif soal HOTS itu sendiri dan juga tidak menggunakan stimulus yang mampu memicu siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Oleh sebab itu guru belum dapat mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kimia berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kimia berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 18 siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 2 Kuala. Data dikumpulkan melalui lembar tes, lembar angket respon siswa dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas XI MIA 1 yang diperoleh dari tes hasil belajar sebesar 27,04 (rendah). Ditinjau dari hasil penyebaran angket dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kimia berbasis HOTS pada materi lautan elektrolit dan nonelektrolit masih tergolong rendah disebabkan karena siswa kurang menguasai konsep secara keseluruhan serta kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi. Akibatnya siswa kurang memahami soal dengan baik dan kurang mampu mengidentifikasi masalah yang terdapat pada soal, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis kemampuan siswa, soal HOTS.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Aja Nur Fadhli Aja
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:31
Last Modified: 18 Jun 2021 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17388

Actions (login required)

View Item
View Item