Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Citra Madrasah Di MIN 7 Kota Banda Aceh

Desi Maisarah, 160206078 (2020) Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Citra Madrasah Di MIN 7 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Citra]
Preview
Text (Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Citra)
Desi Maisarah, 160206078, FTK, MPI, 085371237638.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan persaingan yang terjadi antara madrasah negeri maupun swasta semakin hari semakin ketat yang membuat sekolah maupun madrasah untuk lebih kreatif dalam memasarkan jasa pendidikannya, seperti halnya MIN 7 Kota Banda Aceh merupakan salah satu madrasah yang sudah berdiri sejak lama namun peminat peserta didiknya sampai saat ini termasuk banyak, pada tiap tahun mengalami peningkatan calon peserta didik yang mendaftar ke madarasah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan strategi pemasaran pendidikan dan peningkatan citra madrasah di MIN 7 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian yang digunakan adalah waka humas dan waka kesiswaan. Analisis data menggunakan teori triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ada tiga model pemasaran dalam peningkatan citra madrasah di MIN 7 Kota banda Aceh yaitu: Model eksternal, menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dengan memperlihatkan prestasi yang dimiliki oleh madrasah. Model internal, melatih dan memotivasi para peserta didik dan stackholders yang ada di di madrasah dengan membuat kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi sekolah. Model interaktif, melakukan interaksi yang baik dengan pihak stacholders maupun masyarakat sekitar. strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 7 Kota Banda Aceh adalah membina hubungan dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik serta masyarakat sekitar. Selanjutnya faktor pendukung dari pemasaran jasa pendidikan adalah peserta didik, orangtua peserta didik, stacholders, sarana dan prasarana serta masyakat sekitar. adapun faktor penghambatnya adalah dana, sumberdaya manusia dan waktu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mumtazul Fikri, S. Pd. I., M. Pd 2. Nurussalami., S. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran pendidikan, Peningkatan Citra madrasah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Desi Maisarah
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:32
Last Modified: 18 Jun 2021 07:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item
View Item