Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Struktur Atom Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry

Fathurrazi, 160208017 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Struktur Atom Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Struktur Atom Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry]
Preview
Text (Tentang Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Struktur Atom Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry)
Fathurrazi, 160208017, FTK, PKM, 081260823362.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan Dosen Prodi Pendidikan Kimia UIN AR-raniry, belum ada media Swf yang dikembangkan dalam materi struktur atom khususnya pada submateri, teori atom dan bagian subatomik atom. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 belum sempurna diterapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan dan mengetahui respon dosen terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan macromedia flash 8 pada materi struktur atom kimia. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa semester 1. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket respon dosen dan mahasiswa, teknik pengumpulan data lembar validasi diberikan kepada pakar ahli dan angket respon diberikan kepada dosen dan subjek penelitian. Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator, rata-rata keseluruhan skor validasi yaitu 87,5 %. Maka media pembelajaran macromedia flash dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran pada materi Srtuktur Atom kimia. Respon dosen dari seluruh item pernyataan ialah 29% sangat setuju bahwa media ini positif dan 57% setuju. Berdasarkan persentase keseluruhan 86% dengan kriteria positif. Respon mahasiswa dari seluruh item pernyataan ialah 26% sangat setuju bahwa media ini positif dan 71% setuju. Maka persentase keseluruhan 97% mahasiswa memberikan respon dengan kriteria positif terhadap media pembelajaran macromedia Flash.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fathurrazi Fathurrazi
Date Deposited: 21 Jun 2021 02:46
Last Modified: 21 Jun 2021 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item
View Item