Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas III MIN 27 Aceh Besar

Hilya Syarifa, 150209003 (2021) Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas III MIN 27 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Peran Guru sebagai Motivator]
Preview
Text (Tentang Peran Guru sebagai Motivator)
Hilya Syafira,150209003, FTK, PGMI, 082210381913.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya minat belajar anak dapat dilihat dari cara anak saat mengikuti proses pembelajaran seperti perhatian saat guru menjelaskan pelajaran, dan dari lengkap atau tidaknya buku catatan. Akan tetapi kenyataannya masih terdapat minat belajar yang rendah pada siswa kelas III MIN 27 Aceh Besar. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas III MIN 27 Aceh Besar? Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar MIN 27 Aceh Besar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas III MIN 27 Aceh Besar adalah dengan melakukan upaya seperti guru menggunakan metode, model dan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar, guru menciptakan persaingan/ kompetensi, guru memberikan evaluasi/ ulangan, guru memberi nilai dalam bentuk angka, guru memberitahukan hasil belajar siswa, guru memberi hadiah kepada siswa yang berprestasi, guru memberikan pujian kepada siswa yang dapat mengerjakan tugas dengan baik, guru memberi hukuman kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas, dan guru membantu kesulitan belajar yang dialami siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hilya Syarifa Hilya
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:11
Last Modified: 22 Jun 2021 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17447

Actions (login required)

View Item
View Item