Hilya Syarifa, 150209003 (2021) Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas III MIN 27 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Hilya Syafira,150209003, FTK, PGMI, 082210381913.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Minat sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya minat belajar anak dapat dilihat dari cara anak saat mengikuti proses pembelajaran seperti perhatian saat guru menjelaskan pelajaran, dan dari lengkap atau tidaknya buku catatan. Akan tetapi kenyataannya masih terdapat minat belajar yang rendah pada siswa kelas III MIN 27 Aceh Besar. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas III MIN 27 Aceh Besar? Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar MIN 27 Aceh Besar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas III MIN 27 Aceh Besar adalah dengan melakukan upaya seperti guru menggunakan metode, model dan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar, guru menciptakan persaingan/ kompetensi, guru memberikan evaluasi/ ulangan, guru memberi nilai dalam bentuk angka, guru memberitahukan hasil belajar siswa, guru memberi hadiah kepada siswa yang berprestasi, guru memberikan pujian kepada siswa yang dapat mengerjakan tugas dengan baik, guru memberi hukuman kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas, dan guru membantu kesulitan belajar yang dialami siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hilya Syarifa Hilya |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:11 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17447 |