Kapabilitas Kepala Sekolah Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) Dalam Mendampingi Anak Tunagrahita Di Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh

Rahmiati, 160802129 (2021) Kapabilitas Kepala Sekolah Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) Dalam Mendampingi Anak Tunagrahita Di Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kapabilitas Kepala Sekolah Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) Dalam Mendampingi Anak Tunagrahita Di Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh)
Rahmiati, 160802129, FISIP, IAN, 082321421476.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan. “Maka dibutuhkan penanganan yang tepat untuk mengembangkan bakat-bakat anak difabel tersebut yaitu dengan memberikan pendidikan di sekolah khusus untuk anak-anak difabel”. Di Banda Aceh sudah memiliki Sekolah Luar Biasa (SLB) khusus untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus salah satunya Sekolah Luar Biasa Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA). Yang menjadi rumusan masalah adalah: pertama, bagaimana kapabalitas Kepala Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) BUKESRA dalam mendampingi anak tunagrahita, kedua apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Kepala Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) BUKESRA dalam mendampingi anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapabilitas kepala sekolah dalam mendampingi anak tunagrahita dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas kepala sekolah dalam mendampingi anak tunagrahita kurang mampu karena tidak memenuhi indikator sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kapabilitas, Kepala Sekolah, Sekolah Luar Biasa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.9 Pendidikan Luar biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rahmiati Rahmiati
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:03
Last Modified: 23 Jun 2021 07:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

View Item View Item
TOP