Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding

Rina Mauliza, 160205090 (2021) Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding]
Preview
Text (Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding)
Rina Mauliza, 160205090, FTK, PMA, 085362284907.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis penting untuk mempermudah siswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah matematika. Namun siswa masih mengalami banyak kendala dalam menyelesaikan soal representasi matematis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberi bantuan kepada siswa yang dinamakandengan strategi scaffolding. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan strategi scaffolding. Subjek dlam penelitin ini adalah 2 siswa dengan kemampuan representasi sedang dan 2 siswa dengan kemampuan representasi rendah di kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Banda Aceh yang diperoleh dari hasil tes kemampuan representasi matematis. Pengumpulan data berupa kata-kata dilakukan melalui wawancara, dan alat perekam. Kemudian analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, melakukan triangulasi waktu, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan representasi rendah cenderung melakukan representasi visual, namun setelah pemberian scaffolding mereka mampu menggunakan representasi visual secara mandiri dan representasi verbal dengan dominanchecking. Sementara itu subjek dengan kemampuan representasi sedang cenderung melakukan representasi visual dan verbal dengan dominanchecking serta representasi simbolik masih dominan intervensi, setelah pemberian scaffoldingmereka mampu menggunakan representasi visual dan verbal secara mandiri dengan benar walaupun representasi simbolik masih dominan intervensi. Ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa menjadi lebih baik setelah diberikan strategi scaffolding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rina Mauliza
Date Deposited: 24 Jun 2021 08:37
Last Modified: 24 Jun 2021 08:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item
View Item