Keterlaksanaan Program Konseling Islami Terhadap Kebutuhan Spiritual Pasien Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh

Mutia Hanim, 140402062 (2019) Keterlaksanaan Program Konseling Islami Terhadap Kebutuhan Spiritual Pasien Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keterlaksanaan Program Konseling Islami Terhadap Kebutuhan Spiritual Pasien Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Keterlaksanaan Program Konseling Islami Terhadap Kebutuhan Spiritual Pasien Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh)
Mutia Hanim, 140402062, FDK, BKI, 082246313069.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Keterlaksanaan Program Konseling Islami Terhadap Kebutuhan Spiritual Pasien Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh”. Penelitian ini membahas tentang program konseling yang dilaksanakan oleh mahasiswa BKI yang sedang menjalani kegiatan praktikum di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Program tersebut diharapkan dapat memenhu kbeutuhan spiritual pasien di RSUD Meuraxa. Idealnya setiap program yang telah dirancang dapat menjawab kebutuhan dan permasalahan di lapangan, namun pelaksanaan program tersebut dijalankan terdapat respon yang kurang baik dari beberapa pasien. Oleh karena itu, perlu diteliti program apa saja yang berikan oleh mahasiswa BKI kepada pasien, proses pelaksanaan program yang dilaksanakan mahasiswa BKI yang sedang kegiatan praktikum, serta program apa saja yang masih dibutuhkan pasien untuk memenuhi kebutuhan spiritual. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, adapapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini, maka digunakanlah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah responden sebanyak sepuluh orang. Setelah memperoleh data di lapangan, dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan program praktikum yang di laksanakan mahasiswa BKI di RSUD Meuraxa kota Banda Aceh sudah terlaksana dengan baik, walaupun beberapa mahasiswa BKI yang melaksanakan praktikum tidak memberikan layanan konseling yang maksimal sebagaimana yang telah disusun dalam indikator program kegiatan. Namun dilihat dari respon pasien sebagai sasaran yang mendapatkan layanan konseling yang merupakan program inti dari program praktikum ini adalah pasien merasa sangat senang dan nyaman atas kedatangan mahasiswa praktikum di ruangannya. Hal tersebut seseuai dengan tujuan dari program praktikum ini dilaksanakan, yaitu memberikan ketenangan, kenyamanan, serta semangat pasien dalam menjalani pengobatan di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling, Kebutuhan Spiritual
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mutia Hanim Mutia
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:36
Last Modified: 24 Jun 2021 07:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17482

Actions (login required)

View Item
View Item