Ridha Yasni, 160213066 (2021) Efektivitas Konseling CBT untuk Meningkatkan Adjustment Siswa MAN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Ridha Yasni, 160213066, FTK, PBK, 082285166198.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Adjustment atau penyesuaian diri merupakan interaksi antara individu dengan dirinya, orang lain dan dunianya. Adjustment merupakan faktor yang paling penting dalam kehidupan individu terutama siswa sebagai pelajar. Siswa yang memiliki adjustment rendah diakibatkan oleh pikiran negatifnya. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam adjustment, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan CBT (Cognitive Behavior Therapy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat adjustment siswa sebelum dan sesudah dilakukannya konseling CBT di MAN 1 Banda Aceh. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yaitu X-IPA1 dan X-IPS1 yang berjumlah 71 siswa. Adapun sampel berjumlah 9 siswa. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan konseling CBT memiliki signifikansi terhadap adjustment siswa, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest yaitu 67.00 menjadi 88.11 pada skor rata-rata posttest dan selisih diantara keduanya 21.11. Artinya terjadi peningkatan pada adjustment siswa setelah memperoleh konseling CBT. Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat adjustment siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling CBT. Hal ini berarti bahwa konseling CBT efektif untuk meningkatkan adjustment siswa MAN 1 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Mashuri, S.Ag., M.A Pembimbing II : Wanty Khaira, M.Ed |
Uncontrolled Keywords: | Konseling CBT, Adjustment, MAN 1 Banda Aceh |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling |
Depositing User: | Ridha Yasni |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 02:29 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 02:29 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17484 |