Analisis Implementasi Ta’zir dan Ta’widh pada Pembiayaan Murabahah PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh

Ahmad Juliadi, 140603026 (2020) Analisis Implementasi Ta’zir dan Ta’widh pada Pembiayaan Murabahah PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Implementasi Ta’zir dan Ta’widh pada Pembiayaan Murabahah PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh.]
Preview
Text (Analisis Implementasi Ta’zir dan Ta’widh pada Pembiayaan Murabahah PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh.)
Ahmad Juliadi, 140603026, FEBI, PS, 085240557887.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian Ta’zir dan Ta’widh pada pembiayaan murabahah PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh serta tindakan yang dilakukan dalam menangani nasabah yang terlambat melunasi angsuran pembiayaan murabahah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer hasil wawancara dan sekunder berasal dari kajian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh hanya mengimplementasikan ta’widh terhadap nasabah yang menunda pembayaran kewajibannya dengan membebankan biaya lelang agunan kepada nasabah. Tindakan yang dilakukan bank yaitu dengan memberikan surat peringatan pertama (SP1) sampai surat peringatan yang ke-tiga (SP3), dengan akumulasi waktu pemberian surat peringatan per 1 (satu) bulan hingga nasabah melunasi kewajibannya. Setelah pemberian SP3 maka agunan nasabah akan disita oleh bank dan dilanjutkan dengan pelelangan setelah mencapai akumulasi waktu tunggu 1 tahun. Dari hasil pelelangan bank hanya akan mengambil sesuai berapa jumlah angsuran yang belum dilunasi oleh nasabah disertai kerugian yang dialami oleh bank, dan selebihnya akan dikembalikan kepada nasabah yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ayumiati, SE., M. Si Pembimbing II : Isnaliana, S.HI., MA
Uncontrolled Keywords: Ta’zir,Ta’widh, Murabahah.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Ahmad Juliadi Ahmad
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:23
Last Modified: 24 Jun 2021 07:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item
View Item