Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MI

Ilmi Yanti, 150209027 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MI. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MI]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MI)
Ilmi Yanti, 150209027, FTK, PGMI, 083155401769.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Makhluk hidup dengan lingkungan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekosistem. Ekosistem terdiri dari komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik terdiri atas makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan dan juga manusia. Sedangkan komponen abiotik terdiri atas benda yang tidak hidup seperti air, udara, suhu, kelembaban udara, cahaya, tanah, batu dan sebagainya. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik komponen ekosistem disebut ekologi. Hubungan antar komponen dalam ekosistem sangat erat dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu, kerusakan salah satu komponen akan berdampak pada keseluruhan ekosistem. Jika komponen dalam ekosistem terganggu atau mengalami kerusakan maka akan berdampak pada keseimbangan ekosistem. Manusia memegang peran penting pada kesimbangan ekosistem. Manusia bisa sebagai penyelamat ataupun perusak ekosistem. Hal ini berdampak pada keseimbangan ekosistem. Sebagai contoh perburuan tikus sawah yang dilakukan manusia, akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem. Jika tikus banyak diburu, maka akan berpengaruh terhadap populasi ular sawah, karena kehilangan makanan sehingga ular banyak yang mati. Hal ini akan berpengaruh pada jumlah populasi ular sawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Saintifik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ilmi Yanti
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:08
Last Modified: 25 Jun 2021 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17499

Actions (login required)

View Item
View Item