Manajemen Risiko Pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh

Toni Yadi, 041300759 (2016) Manajemen Risiko Pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Menjelaskan tentang bagaimana sistem manajemen risiko pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk produk pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah))
Toni Yadi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan Kerja Praktik pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh. Selama penulis melakukan Kerja Praktik, penulis diposisikan pada bagian yang berbeda-beda seperti bagian Marketing dan Customer Service, selama di bagian tersebut penulis melakukan kegiatan-kegiatan seperti mengisi data nasabah yang mengambil pembiayaan, mendampingi tim Marketing Financing untuk menagih angsuran. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik ini adalah untuk mengetahui manajemen risiko pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh. Berdasarkan hasil yang penulis dapatkan selama kerja praktik dibagian pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bank memerlukan manajemen risiko untuk mengatur kegiatan usaha sesuai dengan target yang akan dicapai. Adapun manajemen risiko pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), untuk produk pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang di ajukan oleh nasabah yang belum mempunyai tempat tinggal, agar bank tidak mengalami kerugian atas kelalaian nasabah dalam membayar angsuran. Adapun analisis yang digunakan dalam manajemen risiko di PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh, dengan melakukan analisis 5C yaitu analisis terhadap Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economy, penulis melihat belum ada satu analisa Condition of Economy tidak dijalankan dengan baik. Hal ini disebabkan kurangnya pengalaman dan keahlian yang dimiliki, serta kurangnya informasi yang diterima oleh karyawan, oleh karena itu pihak bank meminimalisir risiko yang ada agar tidak terjadi kerugian.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Yasir Yusuf, S.Ag., MA; NIP. 19750405200112100; 2. Dr. Nur Baety Sofyan, MA; NIP. 198208082009012009
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Kredit Pemilihan Rumah, KPR,
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 09:53
Last Modified: 27 Jul 2017 09:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item
TOP