Pengembangan LKPD Berbantu PhET Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan di SMA Inshafuddin Banda Aceh

Yola Meiyuri, 160208038 (2021) Pengembangan LKPD Berbantu PhET Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbantu PhET Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan di SMA Inshafuddin Banda Aceh]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Berbantu PhET Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan di SMA Inshafuddin Banda Aceh)
Yola Meiyuri, 160208038, FTK, PKM, 085361126647.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pengembangan LKPD berbantu PhET Simulation pada materi kesetimbangan kelarutan di SMA Inshafuddin Banda Aceh dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran LKPD berbantu PhET Simulation di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKPD berbantu PhET Simulation yang dikembangan dan mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD berbantu PhET Simulation pada materi kesetimbangan kelarutan. Peneliti menggunakan rancangan penelitian pengembangan model ADDIE yang mempunyai 5 tahapan dalam penelitian dan pengembangannya yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Analisis data validasi dan respon menggunakan persentase. Hasil validasi LKPD berbantu PhET Simulation yaitu 84,3 % dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik diperoleh persentase 45,98% dengan kriteria sangat setuju (SS), 52,49% kriteria setuju (S), dan 1,53% kurang setuju (KS). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbantu PhET Simulation pada materi kesetimbangan kelarutan layak digunakan di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Hasil respon peserta didik yang merupakan sangat setuju dan setuju 98,47% termasuk dalam kriteria sangat tertarik. Artinya bahwa LKPD berbantu PhET Simulation ini dapat digunakan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Yola Meiyuri Yola
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:21
Last Modified: 25 Jun 2021 07:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17501

Actions (login required)

View Item
View Item