Pengawasan Keimigrasian Kelas II Meulaboh Terhadap Warga Negara Asing Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011

Nurazizah, 150105006 (2021) Pengawasan Keimigrasian Kelas II Meulaboh Terhadap Warga Negara Asing Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengawasan Keimigrasian Kelas II Meulaboh Terhadap Warga Negara Asing Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011]
Preview
Text (Pengawasan Keimigrasian Kelas II Meulaboh Terhadap Warga Negara Asing Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011)
Nurazizah, 150105006, FSH, HTN, 085358319981.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Orang asing yang akan masuk dan bertempat tinggal di Indonesia diatur pengaturannya di dalam undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasiaan mengenai warga negara asing masuk dan keluar wilayah Indonesia, dokumen perjalanan Republik Indonesia, visa, tanda masuk, dan izin tinggal, tindakan administratif keimigrasian, dan penyidikan, Pengawasan orang asing di Indonesia meliputi masuk dan keluarnya wilayah Indonesia dan keberadaan serta kegiatan orang asing diwilayah Indonesia, sektor pengawasan sedikit terabaikan akibat kendala geografis dan struktur kelembagaan yang masih terbatas. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana sistem pengawasan terhadap warga negara asing oleh kantor imigrasi kelas II Meulaboh dan apa kendala yang dihadapi pejabat kantor imigrasi kelas II Meulaboh dalam melaksanakan pengawasan imigrasi terhadap warga negara asing. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara kualitatif lapangan, penulis menggunakan beberapa buku, jurnal yang dibaca, dikutip dan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa dalam pengawasan imigrasi kelas II Meulaboh terhadap warga negara asing telah berjalan sesuai dengan aturan dalam undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian meskipun dalam menjalankan pengawasan lapangan yang kurang efektif dikarenakan jangkauan wilayah yang sangat luas dan juga kurangnya petugas di bagian pengawasan warga negara asing kantor imigrasi kelas II Meulaboh. Dari paparan di atas disimpulkan bahwa dilakukannya penambahan petugas Kantor imigrasi Kelas II Meulaboh, jangkauan Wilayah Kerja yang dipegang oleh Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh harus diminimalisasi atau dikurangi melalui suatu kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Jamhuri, MA Pembimbing II : Iskandar, SH.MH
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Keimigrasian, Warga Negara Asing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Nurazizah Nurazizah
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:19
Last Modified: 25 Jun 2021 07:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item
View Item