Bidāyatu Al- Mubtadī Bifadhlillāhi Al-Muhdī (Suntingan Teks Dan Analisis Isi)

Aris Riski, 150501031 (2021) Bidāyatu Al- Mubtadī Bifadhlillāhi Al-Muhdī (Suntingan Teks Dan Analisis Isi). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Bidāyatu Al- Mubtadī Bifadhlillāhi Al-Muhdī (Suntingan Teks Dan Analisis Isi))
Aris Riski, 150501031, FAH, SKI, 085360017427.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Bidāyatu al-Mubtadī Bifadhlillāhi al-Muhdī (Suntingan Teks dan Analisi Isi). Teks Bidāyatu al-Mubtadī merupakan salah satu naskah aksara Arab dan Jawi berbahasa Melayu. Naskah Bidāyatu al-Mubtadī belum diketahui pengarangnya merupakan salah satu naskah jamak (banyak) variannya dan dikategorikan kitab tebal. Adapun dalam penelitian ini menggunakan dua teks yang telah diinvetarisasi dan diklasifikasi secara filologis dan kodikologis, yaitu teks koleksi Perpustakaan dan Museum Ali Hasjmy dengan nomor inventaris
176/FK/YPAH/2005 sebagai naskah landasan, dan kedua teks koleksi Museum Negeri Aceh dengan nomor iventaris 07_826. Pertanyaan dalam skripsi ini bagaimana transliterasi atau suntingan teks Bidayatu al-Mubtadi, dan apa isi kandungan naskah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan metode landasan, yang disertai penyuntingan teks dengan metode edisi kritis untuk memperbaiki segala kesalahan yang terkandung dalam teks serta dapat menghadirkan teks yang bersih kepada pembaca. Sedangkan analisis isi naskah dilakukan dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan isi dan menelusuri sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa naskah ini tidak diketahui pengarangnya dan naskah ditujukan kepada para pemula atau orang- orang yang baru belajar tentang agama, terutama tentang fikih dan tauhid. Naskah Bidāyatu al-Mubtadi terdiri dari tiga bab dan dua puluh satu pasal. Bab pertama tentang dasar Islam mengandung empat pasal. Bab kedua tentang sembahyang yang terdiri dari sembilan pasal, dan bab ketiga terkait puasa dibagi kepada delapan pasal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bidāyatu al-Mubtadī, suntingan teks, analisis isi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Aris Rizki Aris
Date Deposited: 01 Jul 2021 02:23
Last Modified: 01 Jul 2021 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17537

Actions (login required)

View Item View Item
TOP