Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 4 Banda Aceh

Vidia Sauna, 150209080 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN 4 Banda Aceh)
Vidia Sauna, 150209080, FTK, PGMI, 085370399334.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini guru masih belum menerapkan model dalam pembelajaran, dan juga belum terlihat adanya media sebagai sarana penunjang pembelajaran serta masih banyak siswa yang rendah hasil belajarnya masih ada siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan MIN 4 Banda Aceh yaitu 70. Pengamatan peneliti dalam proses belajar mengajar di MIN 4 Banda Aceh terdapat hal–hal yang membuat kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPS diantaranya pembelajaran masih belum menyenangkan, sehingga siswa tidak ingin tahu, Selain itu siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang diakibatkan kurangnya kreatifitas Guru dalam menyiapkan model pembelajaran IPS dalam kelas. Berdasarkan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran IPS dengan penerapan model Role Playing di Kelas IV MIN 4 Banda Aceh dan untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan penerapan model Role Playing di Kelas IV MIN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A MIN 4 Banda Aceh yaitu sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran, data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru dari (78,1%) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi (95,8%). Untuk aktivitas siswa dari (73,9%) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi (93,7%). Serta minat siswa pada siklus I (58%) dan pada siklus II meningkat menjadi (77%). Dengan demikian melalui penerapan model Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Minat Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vidia sauna Vidia
Date Deposited: 29 Jun 2021 09:11
Last Modified: 29 Jun 2021 09:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17549

Actions (login required)

View Item
View Item