Analisis Pengaruh Indeks Kebahagiaan dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap Kemiskinan di Indonesia dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah

Nurul Vadila Sovira, 160602160 (2020) Analisis Pengaruh Indeks Kebahagiaan dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap Kemiskinan di Indonesia dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia]
Preview
Text (Tentang Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia)
Nurul Vadila Sovira, 160602160, FEBI, ES, 085261450950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh indeks kebahagiaan dan indeks pembangunan manusia terhadap kemiskinan di Indonesia dalam tinjauan Maqashid Syari’ah. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data indeks kebahagiaan, indeks pembangunan manusia dan data persentase kemiskinan tahun 2014 dan 2017 yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional. Metode yang digunakan udalam penelitian ini adalah metode analisis komponen utama dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel indeks kebahagiaan dan indeks pebangunan manusia berpengaruh terhadap kemiskinan. Secara parsial berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka sebaiknya pemerintah membuat kebijakan dan dukungan yang tinggi agar angka kemiskinan di Indonesia yang masuk dalam data Badan pusat Statistik dapat menurun. Penelitian ini ditinjau dari Maqashid Syari’ah dimana dari unsur-unsur Maqashid Syari’ah indeks kebahagiaan dan indeks pembangunan manusia meliputi pemeliharaan agama, harta, jiwa, akal serta keturunan berpengaruh terhadap kemiskinan yang meliputi pemeliharaan agama dan harta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Vadila Sovira Nurul
Date Deposited: 01 Jul 2021 02:20
Last Modified: 01 Jul 2021 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item
View Item