Peran Perangkat Desa dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Pidana Illegal Logging Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Illegal Logging di Kawasan Gunong Meulu, Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar)

Irvan Mulia, 160104034 (2021) Peran Perangkat Desa dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Pidana Illegal Logging Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Illegal Logging di Kawasan Gunong Meulu, Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran   Perangkat     Desa   dalam    Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Pidana Illegal Logging Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Illegal Logging di Kawasan Gunong Meulu, Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar)]
Preview
Text (Peran Perangkat Desa dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Pidana Illegal Logging Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Illegal Logging di Kawasan Gunong Meulu, Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar))
Irvan Mulia, 160104034, FSH, HPI, 082168220212.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalah Illegal Logging sungguh sangat meresahkan karena dapat mengakibatkan berbagai bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, hal ini terjadi karena penebangan hutan yang berlebihan dan tidak mempunyai izin. Dari adanya permasalahan hutan yang dihadapi saat ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan aparat kepolisian, melainkan dibutuhkan peran perangkat desa untuk mengajak dan mengarahkan masyarakatnya untuk pencegahan dan penanggulangan terhadap tindak pidana Illegal Logging serta menjaga kelestarian hutan. Sesuai dengan diatas, terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini: Pertama, Bagaimana Peran Perangkat Desa Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Perusakan Hutan di Kawasan Gunong Meulu, Gampong Aneuk Glee, kedua, Bagaimana Faktor-faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Illegal Logging di Kawasan Gunong Meulu, Gampong Aneuk Glee, ketiga, Bagaimana Pandangan Hukum Pidana Islam Terhadap Illegal Logging. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi, kemudian dianalisis secara kualitatif. Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis Empiris. Hasil penelitian menunjukkan penyebab terjadinya Illegal Logging yaitu faktor ekonomi, lemahnya pengawasan, kurangnya kerjasama pihak yang berwenang, dan perkembangan teknologi. Upaya Pencegahan dan Penanggulangan oleh perangkat desa yaitu memberikan penyuluhan kepada masyaraka, memberika akses atau izin untuk memanfaatkan hutan dan untuk menjelajahi hutan, mengajak masyarakat untuk menanam perpohonan, menempatkan pos penjagaan di sekitaran gampong. Menurut Tinjauan Hukum Pidana Islam Illegal Logging sangatlah di larang karena untuk mencegah kerusakan dan menolak timbulnya bahaya, ketentuan illegal logging diatur dalam ketentuan hukuman ta’zir diserahkan kepada ulil amri (penguasa), namun dalam pelaksanaannya tetap berpedoman kepada dasar-dasar yang telah ditetapkan oleh Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbng I : Dr. Agustin Hanapi H. Abd. Rahma, Lc, MA. Pembimbing II : Iskandar, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perangkat Desa, Illegal Logging, Pencegahan dan Penanggulangan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Irvan Mulia Irvan
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:52
Last Modified: 30 Jun 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item
View Item