Hubungan Pendapatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komuniksi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Sri Mulyati, 160403088 (2021) Hubungan Pendapatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komuniksi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (tentang Hubungan Pendapatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mahasiswa)
Sri Mulyati, 160403088, FDK, MD, 082160951126.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Hubungan Pendapatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komuniksi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. “.Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah tidak semua orang tua mahasiswa memiliki pendapatan yang tinggi, sebagian dari pendapatan orang tua mahasiswa tersebut masih ada yang rendah. Untuk mendukung aktifitas belajar tentu membutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung seperti beli buku, laptop, hp android, paket data, pakaian, kendaraan dan lain sebagainya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendapatan orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan penelitian ini menggunakan metode angket guna memperoleh data. Populasi pada penelitian ini mahasiswa aktif pada tahun akademik 2013/2020 jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sampel pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 orang mahasiswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penggolahan dan analisis data peneliti menggunakan metode statistik, data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,uji korelasi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan antara pendapatan orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan pengembangan masyarakat islam (PMI) fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry sebesar 10,1. Hasil perhitungan yang dilakukan peneliti diperoleh thitung>ttabel (3,312 > 1.984), dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima, yang bearti bahwa ada hubungan pendapatan orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa pengembangan masyarakat islam (PMI) fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry. Adapun tingkat presentase hubungannya sebesar 10,1% atau keereatan hubungannya rendah dan 89% disebabkan oleh faktor lainnya yang tidak peneliti teliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Sri Mulyati Sri
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:47
Last Modified: 30 Jun 2021 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17569

Actions (login required)

View Item View Item
TOP