Transaksi Valuta Asing Pada Lembaga Keuangan Bukan Bank Menurut Konsep As-Sharf (Studi Kasus pada PT.Koeta Radja Money Changer)

Lia Safitri, 140102022 (2021) Transaksi Valuta Asing Pada Lembaga Keuangan Bukan Bank Menurut Konsep As-Sharf (Studi Kasus pada PT.Koeta Radja Money Changer). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Transaksi Valuta Asing Pada Lembaga Keuangan Bukan Bank Menurut Konsep As-Sharf (Studi Kasus pada PT.Koeta Radja Money Changer)]
Preview
Text (Transaksi Valuta Asing Pada Lembaga Keuangan Bukan Bank Menurut Konsep As-Sharf (Studi Kasus pada PT.Koeta Radja Money Changer))
Lia Safitri, 140102022, FSH, HES, 082370985977.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Muamalah disyariatkan berdasarkan konsensus kaum Muslimin, karena kehidupan umat manusia tidak bisa tegak tanpa adanya jual beli. Dan tidak semua jual beli yang diperdagangkan adalah barang melainkan termasuk juga jasa atau bahkan seperti al-sharf adalah jual beli suatu mata uang dengan mata uang lain baik sejenis maupun tidak sejenis. Pada transaksi al-sharf objek yang dipertukarkan adalah uang dengan uang, di mana uang yang dipertukarkan bukan dijadikan komoditi. Sah atau tidaknya suatu jual beli bergantung kepada terpenuhinya rukun dan syarat jual beli itu sendiri. Dalam skripsi yang berjudul Transaksi Valuta Asing Pada Lembaga Keuangan Bukan Bank Menurut Konsep As-Sharf (Studi Kasus pada PT. Koeta Radja Money Changer), penulis mengajukan dua pertanyaan penelitian dalam rumusan masalah, yaitu Bagaimana praktek transaksi valuta asing pada PT. Koeta Radja Money Changer, dan Bagaimana analisis konsep as-sharf terhadap praktek transaksi valuta asing pada PT. Koeta Radja Money Changer. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa praktek pertukaran mata uang asing atau valuta asing tersebut hukumya boleh, dengan syarat harus sesuai dengan hukum-hukum islam dan harus terpenuhi rukun dan syarat dalam jual beli al-sharf. Dengan demikian praktek jual beli mata uang asing menurut konsep al-sharf adalah sesuai dan sejalan dengan hukum-hukum islam dan tidak ada yang bertentangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:21
Last Modified: 30 Jun 2021 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17570

Actions (login required)

View Item
View Item