Peran Pondok Pesantren Islam Dairi Dalam Membina Kerukunan Umat Beragama (Studi Kasus Desa Sidiangkat Kecamatan Sidikalang)

Sadariahta Maha, 160305070 (2021) Peran Pondok Pesantren Islam Dairi Dalam Membina Kerukunan Umat Beragama (Studi Kasus Desa Sidiangkat Kecamatan Sidikalang). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of PERAN PONDOK PESANTREN ISLAM DAIRI DALAM MEMBINA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA  (Studi Kasus Desa Sidiangkat Kecamatan Sidikalang)]
Preview
Text (PERAN PONDOK PESANTREN ISLAM DAIRI DALAM MEMBINA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Desa Sidiangkat Kecamatan Sidikalang))
Sadariahta Maha, 160305070, FUF, SA, 085358075271.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Diajarkannya sikap saling bertoleransi dam menghormati karena adanya perbedaan agama, santri menerapkannya bukan hanya di dalam pesantren mereka juga menerapkannya di lingkungan masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran yang dilakukan pesantren untuk masyarakat Muslim di Dairi khusunya kota Sidikalang dan apa saja kendala yang di peroleh pesantren dalam membina kerukunan umat beragama di kota Sidikalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana peneliti secara menyeluruh terhadap fakta yang terdapat di lokasi penelitian sesuai dengan fokus permasalahan, dengan cara meneliti langsung di Desa Sidiangkat Kecamatan Sidikalang, kemudian data hasil analisis disajikan dan diberikan pembahasan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama adanya perbedaan dalam hal keyakinan tidak jadi penghalang bagi mereka untuk tidak bertegur sapa, proses interaksi yang dilakukan masyarakat dan juga komunikasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari mencegah terjadinya konflik dan kesalahpahaman, Kedua keberadaan pesantren di Kelurahan Sidiangkat sangat diterima oleh masyarakat baik itu Non-Muslim sendiri. Jika dilihat secara umum di sana toleransi sangat baik mereka tidak pernah bersinggungan dari aspek keyakinan maupun kepercayaan, walaupun berbeda keyakinan mereka tetap hidup rukun dan menjaga hubungan baik sebagai makhluk sosial.Kata Kunci: Peran Pesantren, Membina Kerukunan Umat Beragama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pesantren, Membina Kerukunan Umat Beragama
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Sadariahta Maha Tata
Date Deposited: 30 Jun 2021 08:34
Last Modified: 30 Jun 2021 08:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17573

Actions (login required)

View Item
View Item