Analisis Pelaksanaan Akad Tabarru’ Menurut Fatwa DSN-MUI Pada Asuransi Jiwa di AJB Bumiputera Kantor Cabang Syariah Banda Aceh

Suspita Sari, 140603199 (2019) Analisis Pelaksanaan Akad Tabarru’ Menurut Fatwa DSN-MUI Pada Asuransi Jiwa di AJB Bumiputera Kantor Cabang Syariah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pelaksanaan Akad Tabarru’ Menurut    Fatwa DSN-MUI Pada Asuransi Jiwa di AJB Bumiputera  Kantor Cabang Syariah Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Pelaksanaan Akad Tabarru’ Menurut Fatwa DSN-MUI Pada Asuransi Jiwa di AJB Bumiputera Kantor Cabang Syariah Banda Aceh)
Suspita Sari, 140603199, FEBI, PS, 082369856167.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep tabarru’ berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional No. 53/DSN-MUI/III/2006 pada asuransi syariah dan reasuransi syariah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penerapan akad tabarru’ di AJB Bumiputera kantor cabang syariah Banda Aceh, dimana sesama peserta bertabarru’/berderma dengan menyerahkan premi kepada perusahaan atau lembaga sebagai wakil untuk dana tabarru’ dengan tujuan saling tolong-menolong apabila salah satu peserta atau lebih tertimpa musibah. Dimana selain digunakan untuk membayarkan klaim kepada peserta yang terkena musibah, dana tabarru’ yang terkumpul ini juga akan diinvestasikan oleh pengelola ke dalam instrumen-instrumen investasi yang tidak bertentangan dengan syariah. Pelaksanaan tabarru’ pada produk Mitra Iqra’ Plus dan Mitra Mabrur Plus di AJB Bumiputera jika ditinjau dari kesesuaian fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No.53 Tahun 2006, bahwa penerapan akad tabarru’ pada Asuransi AJB Bumiputera kantor cabang syariah Banda Aceh telah sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Yasir Yusuf, S.Ag., MA Pembimbing II : Dr. Zainuddin, S.E,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Asuransi Syariah, Tabarru’, Fatwa DSN-MUI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Suspita Sari
Date Deposited: 30 Jun 2021 08:19
Last Modified: 30 Jun 2021 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17578

Actions (login required)

View Item
View Item