Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 40 Aceh Besar

Hayatun Fadhila, 160209062 (2021) Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Penerapan Model Mind Mapping]
Preview
Text (tentang Penerapan Model Mind Mapping)
Hayatun Fadhila, 160209062, FTK, PGMI, 082267172646.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap individu yang terlibat dalam Pendidikan dituntut untuk mengembangkan potensi diri dan kreativitasnya dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan mengunakan model mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Sedangkan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan rubrik kreativitas siswa, yang dianalisis menggunakan rumus mengukur aktivitas dan kreativitas klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 73,52%, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 91,17%. Adapun aktivitas siswa pada siklus I yaitu 69,11%, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,23%. Sedangkan kreativitas siswa pada siklus I yaitu 70%, mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu 90%. Berdasarkan hasil data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV MIN 40 Aceh Besar mampu meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hayatun Fadhila Dila
Date Deposited: 30 Jun 2021 08:34
Last Modified: 30 Jun 2021 08:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17579

Actions (login required)

View Item
View Item