Implementasi Model NHT ( Numbered Head Together) pada Pembelajaran PAI Kelas V SD N 1 Jeumpet

Raudhatul Jannah, 150201027 (2020) Implementasi Model NHT ( Numbered Head Together) pada Pembelajaran PAI Kelas V SD N 1 Jeumpet. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Implementasi Model NHT]
Preview
Text (Tentang Implementasi Model NHT)
Raudhatul Jannah, 150201027, FTK, PAI, 085215737099.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain PTK dengan judul Implementasi Model NHT pada Pembelajaran PAI. Oleh sebab itu, peneliti mencoba untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran PAI sub materi Sejarah Kebudayaan Islam kelas V SD N 1 Jeumpet.? Model Pembelajaran adalah seruluh rangkaian penyajian materi yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara lansung atau tidak langsung dalam pembelajaran.Model Numbered Head Together merupakan sebuah model pembelajaran yang menggunakan angka yang diletakkan di atas kepala dengan tujuan untuk memudahkan guru dalam mengekspor aktivitas peserta didik dalam mencari, mengelolah, dan melaporkan informasi. Penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD N 1 Jeumpet berjumlah 15 murid. Teknik pengumpulan data melalui instrument observasi aktivitas murid dan guru serta tes hasil belajar murid. Analisis data menggunakan presentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas murid pada siklus I dengan penerapan model Numbered Head Together 63,3% menjadi 68,3% pada siklus II. (2) Aktivitas guru pada siklus I dengan penerapan model Numbered Head Together 90% menjadi 98,3% pada siklus II.(3) Hasil belajar PAI pada penerapan model Numbered Head Together memperoleh nilai rata-rata 79% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 89%. Dengan demikian penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar murid dalam pembelajaran PAI sub materi SKI di kelas V SD N 1 Jeumpet dan kemampuan guru lebih meningkat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raudhatul Jannah Raudha
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:19
Last Modified: 01 Jul 2021 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17592

Actions (login required)

View Item
View Item