Analisis Kualitas Butir Soal UAS pada Pembelajaran Tematik di MIN 3 Aceh Besar

Amel Amanda, 160209079 (2021) Analisis Kualitas Butir Soal UAS pada Pembelajaran Tematik di MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (tentang Analisis Kualitas Butir Soal UAS)
Amel Amanda, 160209079, FTK, PGMI, 081362825928.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar ditandai dengan hasil belajar yang memuaskan. Proses belajar yang buruk dapat mengakibatkan hasil belajar yang kurang baik. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh evaluasi pembelajaran berupa soal. Tingkat kualitas soal tes harus mampu mengukur kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas suatu butir soal, dapat dilihat dari hasil pengukuran seberapa tinggi tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran soal dan daya pembeda butir soal UAS pada pembelajaran tematik tema 1 kelas IV, maka penulis melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Kualitas Butir Soal UAS pada Pembelajaran Tematik di MIN 3 Aceh Besar”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara jelas objek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu pengambilan soal beserta kunci jawaban siswa pembelajaran tematik semester ganjil di MIN 3 Aceh Besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah: (1) Berdasarkan validitasnya terdapat 30 soal yang dinyatakan valid dan hanya ada 5 soal yang tidak valid. (2) Tingkat reliabilitas pada soal, hal ini dapat dilihat dari pilihan ganda dan soal essay keduanya mempunyai reliabilitas yang baik (reliabel), karena mempunyai nilai r11 lebih dari 0,70 yaitu sebesar 0,79 (soal pilihan ganda) dan 0,76 (soal essay). (3) Tingkat kesukaran pada soal, terdapat 5 soal atau 25% yang berkategori sukar, 15 soal atau sebesar 75% berkategori mudah dan 0% soal yang berkategori sedang pada soal pilihan ganda. Sedangkan untuk soal pilihan essay ditemukan dari 15 soal terdapat 11 soal (73,3%) sedang, 4 soal (26,6%) mudah dan tidak ada soal yang berkategori sukar. (4) Tingkat daya pembeda soal tergolong kedalam kategori baik karena dari 35 soal terdapat 19 soal yang memiliki daya pembeda baik, 6 cukup dan 11 jelek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amel Amanda Amel
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:02
Last Modified: 01 Jul 2021 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item
TOP