Pola Rekrutmen Kader Partai Aceh (Studi Kasus DPP Partai Aceh)

Muhammad Ikbal, 150801016 (2020) Pola Rekrutmen Kader Partai Aceh (Studi Kasus DPP Partai Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Pola Rekrutmen Kader Partai Aceh]
Preview
Text (tentang Pola Rekrutmen Kader Partai Aceh)
Muhammad Ikbal, 150801016, FISIP, IP, 081376536238.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rekrutmen politik (political recruitment) merupakan salah satu fungsi dari partaipolitik, baik itu partai politik lokal maupun nasional. Dengan fungsinya sebagai rekrutmen politik (political recruitment) diharapkan partai politik mampu merekrut kader-kader pemimpin negara pada jenjang dan posisi tertentu. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pola rekrutmen politik (political recruitment) kader Partai Aceh yang ditetapkan di DPP Partai Aceh Kota Banda Aceh dan bagaimana dampak rekrutmen politik oleh Partai Aceh terhadap kemampuan kader dalam menjalankan kekuasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Tujuannya adalah untuk menggambarkan suatu keadaan masalah dilapangan yang kemudian akan dianalisis secara objektif berdasarkan data yang ditemukan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Penelitian Perpustakaan (library research) dan Penelitian Lapangan (field research). Hasil penelitian ditemukan bahwa DPP Partai Aceh Kota Banda Aceh tidak membuat syarat rekrutmen yang baku, akan tetapi DPP Partai Aceh Kota Banda Aceh lebih cenderung menggunakan pola partisanship yaitu salah satu pola rekrutmen yang didasarkan untuk mencari orang yang memiliki loyalitas terhadap partai. Karena DPP Partai Aceh Kota Banda Aceh cenderung menggunakan pola partisanship pada proses perekrutan, maka dampak yang ditimbulkan adalah mengurangi kursi ketika pemilu dan mempengaruhi elektabilitas partai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Ikbal Ikbal
Date Deposited: 05 Jul 2021 02:18
Last Modified: 05 Jul 2021 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item
View Item