Strategi Dakwah Pesantren Sulaimaniyah Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Mahasantri (Studi Pada Pesantren Sulaimaniyah Mahasiswa Sultan Selahaddin Banda Aceh)

Maulana Arifan, 160401087 (2020) Strategi Dakwah Pesantren Sulaimaniyah Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Mahasantri (Studi Pada Pesantren Sulaimaniyah Mahasiswa Sultan Selahaddin Banda Aceh). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Strategi Dakwah Pesantren Sulaimaniyah Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Mahasantri (Studi Pada Pesantren Sulaimaniyah Mahasiswa Sultan Selahaddin Banda Aceh)]
Preview
Text (Strategi Dakwah Pesantren Sulaimaniyah Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Mahasantri (Studi Pada Pesantren Sulaimaniyah Mahasiswa Sultan Selahaddin Banda Aceh))
Maulana Arifan, 160401087, FDK, KPI, 082274158512.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemajuan zaman membuat banyak kaum muda menjadi jauh dari nilai-nilai agama Islam, khususnya akhlaqul karimah. Butuh lembaga seperti pesantren sebagai solusi meminimalisir hingga mengubah kesenjangan ini, merubah sesuai dengan nilai-nilai Islam itu sendiri, dan dibutuhkan proses strategi yang bijak untuk berhasil mewujudkan pemuda yang islami dan berakhlaqul karimah. Penelitian ini berjudul “Strategi Dakwah Pesantren Sulaimaniyah Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Mahasantri (Studi Pada Pesantren Sulaimaniyah Mahasiswa Sultan Selahaddin)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah pesantren Sulaimaniyah Sultan Selahaddin dalam menanam akhlaqul karimah kepada mahasantrinya dan faktor pendukung serta penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai akhlaqul karimah. Metode penelitian ini kualitatif, teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 7 orang, yang terdiri dari 1 orang pimpinan pesantren, dan 2 orang pengajar, dan 4 orang mahasantri. Strategi dakwah tersebut adalah penerapan peraturan yang bisa memberikan kebiasaan yang baik seperti mengutamakan adab ketimbang ilmu, pengajar memberikan contoh yang baik, tidak ada kekerasan dan ikhlas. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai akhlaqul karimah adalah lingkungan luar pesantren yang positif, mahasantri punya visi dan misi, sinkronisasi antara pengajar dengan mahasantri dan donatur. Selanjutnya faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial negatif, mahasantri yang punya tujuan lain ketika tinggal di asrama, ketidaksinkronan antara pengajar dan mahasantri dan perbedaan budaya antara mahasiswa dan pengajar. Diharapkan Pesantren Sulaimaniyah untuk terus mengembangkan strategi dakwahnya, para masyarakat agar membantu dan menyokong program-program dakwah berbagai lembaga, dan pelaku dakwah untuk terus berjuang dan istiqamah dalam berdakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Akhlaqul Karimah, Pendukung dan Penghambat.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maulana Arifan Maulana
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:01
Last Modified: 01 Jul 2021 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item
View Item