Eksetensi Penerapan Syariat Islam di Aceh Singkil (Studi Kasus Hiburan Alat Musik Keyboard di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil)

Mahyudin, 150305012 (2021) Eksetensi Penerapan Syariat Islam di Aceh Singkil (Studi Kasus Hiburan Alat Musik Keyboard di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Eksetensi Penerapan Syariat Islam di Aceh Singkil]
Preview
Text (tentang Eksetensi Penerapan Syariat Islam di Aceh Singkil)
Mahyudin, 150305012, FUF, SA, 085326873401.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran dan fungsi Dinas Syariat Islam serta lembaga-lembaga lainnya dalam menegakkan Hukum Syariat khususnya pelanggaran aturan pelaksanaan hiburan alat musik keyboard di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan studi lapangan (field research), yang bersifat deskriptif dengan cara memperoleh data-data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan uraian pembahasan dan analisis permasalahan dapat ditarik kesimpulan bahwa, tradisi hiburan alat musik keyboard di Kecamatan Gunung Meriah dilakukan ketika mengadakan sebuah acara seperti acara pernikahan, acara sunat rasul, pesta ulang tahun dan pesta untuk hari-hari besar. Hiburan alat musik keyboard dilakukan dari pagi sampai sore oleh masyarakat dengan tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan, respons Dinas Syariat Islam terhadap hiburan alat musik keyboard yaitu hiburan alat musik keyboard tetap bisa diadakan oleh masyarakat Kecamatan Gunung Meriah namun harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Jika masyarakat melanggar aturan yang telah ditetapkan maka Dinas Syariat Islam akan menindaklanjuti lebih lanjut seperti memberikan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggar hukum. Tantangan/kendala dalam menindaklanjuti tradisi hiburan alat musik keyboard Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil adalah kurangnya dana anggaran dan fasilitas ketika melakukan patroli dan razia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2X3.9 Islam Tentang Agama/Aliran Lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Mahyudin Mahyudin
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:35
Last Modified: 02 Jul 2021 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17611

Actions (login required)

View Item
View Item