Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar

Yuni Indah Pratiwi, 160213006 (2021) Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk 	  Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Darul	  Imarah Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar)
Yuni Indah Pratiwi, 160213006, FTK, BK, 082234922965.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan salah satu jenis kesulitan belajar yang sering terjadi pada siswa. Kejenuhan belajar merupakan suatu tekanan yang menyerang seseorang saat sedang menjalani proses belajar mengajar baik dalam bentuk fisik dan psikis, juga merupakan suatu keadaan dan kondisi dimana seseorang mengalami rasa padat bosan. Jika kejenuhan belajar terjadi secara terus-menerus, maka siswa dapat mengalami tingkat stress yang sangat tinggi. Tingkat stress yang sangat tinggi dapat mengganggu proses berfikir atas suatu keadaan dan reaksi emosi yang rasional. Penanganan yang digunakan dalam mengatasi kejenuhan belajar yaitu melalui layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotive behaviour therapy karena dapat membantu konseli mengenali dan memahami perasaan, fikiran dan emosi yang irasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar sebelum dan sesudah di terapkannya pendekatan rational emotive behaviour therapy pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Teknik observasi terhadap 45 populasi dan 8 sampel, Kemudian data yang di dapat dianalisis dengan menggunakan uji t yang dibantu spss versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kejenuhan belajar yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan rational emotive behaviour therapy sehingga hasil menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan rational emotive behaviour therapy berhasil mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mukhlis, S. T., M. Pd. Pembimbing II : Wanty Khaira, S. Ag,. M. Ed.
Uncontrolled Keywords: Rational Emotive Behavoiur Therapy, Kejenuhan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Yuni Indah Pratiwi
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:01
Last Modified: 02 Jul 2021 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17616

Actions (login required)

View Item
View Item