Pengelolaan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MAN I Aceh Besar

Al Musahhari, 150206027 (2020) Pengelolaan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MAN I Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MAN I Aceh Besar]
Preview
Text (Pengelolaan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MAN I Aceh Besar)
Al-Mushahhari, 150206027, FTK, MPI, 085275908215.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan jantungnya pendidikan, jika dikelola dengan sebaik mungkin maka akan menghasilkan lulusan siswa yang bisa bersaing pada jenjang pendidikan berikutnya. MAN I Aceh Besar telah memindahkan perpustakaannya yang lebih kecil daripada sebelumnya, dan lebih dekat dengan jalan raya sehingga suara daripada mobil maupun sepeda motor terdengar ke dalam pustaka sehingga menganggu proses belajar siswa. Apalagi tata letak koleksi buku yang tidak rapi dan tidak sesuai antara nama di rak dan nama di buku akan membuat anak peserta didik malas untuk masuk dalam pustaka. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan dalam pembinaan minat belajar siswa di MAN 1 Aceh Besar. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah, kepala perpustakaan dan staf perpustakaan dalam mengelola perpustakaan dalam pembinaan minat belajar siswa di MAN 1 Aceh Besar. Untuk mengetahui solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan dalam pembinaan minat belajar siswa di MAN 1 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan dan siswa kelas XI. Tehnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Dengan adanya Pengelolaan yang baik terhadap pengadaan perlengakapan, perabot dan bahan koleksi tersebut maka minat belajar siswa untuk berlajar terpenuhi dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ismail Anshari, M.A Pembimbing II : Dra. Cut Nya Dhin, M. Pd
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Al-Musahhari Al-Musahhari
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:51
Last Modified: 02 Jul 2021 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17621

Actions (login required)

View Item
View Item