Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh

Novi Rayani, 140213064 (2021) Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Sosial Siswa]
Preview
Text (tentang Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Sosial Siswa)
Novi Rayani, 140213064, FTK, BK, 085360965196.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku sosial siswa sangat mendukung dalam hal belajar dan kehidupan peribadi siswa namun terdapat beberapa siswa yang belum mampu menyeimbangkan kecerdasan emosional dan spiritual terhadap perilaku sosialnya seperti membolos, bully, tidak mematuhi peraturan, telat, dan berkelahi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku sosial siswa (2) mengetahui hubungan kecerdasan spiritual terhadap perilaku sosial siswa (3) mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 1,2,3 SMA Negeri 11 Banda Aceh. Total sampel penelitian berjumlah 56 siswa yang dipilih secara random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional, skala kecerdasan spiritual dan skala perilaku sosial. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan uji regresi. Hasil analisis data menunjukkan (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku sosial ( r = 0,703 , p = 0.000 dengan kriteria korelasi kuat ), (2) ada hubungan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan perilaku sosial (r = 0.586 , p = 0.000 dengan kriteria korelasi sedang), (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku sosial (r = 0.754 , p = 0.000 dengan kriteria korelasi kuat). Dimana kontribusi kecerdasan emosional kepada perilaku sosial siswa sebesar 70,3% dan kecerdasann spiritual memberikan kontribusi kepada perilaku sosial siswa sebesar 75,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Novi Rayani Novi
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:39
Last Modified: 05 Jul 2021 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17628

Actions (login required)

View Item
View Item