Pendidikan Karakter Santri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Dayah Perbatasan Darul Amin.

Dini Asiqoh, 150201046 (2020) Pendidikan Karakter Santri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Dayah Perbatasan Darul Amin. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pendidikan Karakter Santri Melalui Kegiatan    Ekstrakurikuler di Dayah Perbatasan Darul Amin.]
Preview
Text (Pendidikan Karakter Santri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Dayah Perbatasan Darul Amin.)
Dini Asiqoh, 150201046, FTK, PAI, 082362769964.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini dayah merupakan lembaga pendidikan yang paling efektif dalam mendidik karakter generasi muda Islam di tengah-tengah kemerosotan Akhlakul karimah, dan transformasi nilai-nilai karakter tersebut melalui kegiatan formal, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan harian santri. Dengan demikian penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam tentang pentingnya pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana model pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan nilai-nilai karakter yang dikembangkan, kendala dan upaya dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di dayah perbatasan Darul Amin. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif, penulis menggunakan beberapa tekhnik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk pengolahan data menggunakan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Dayah telah menerapkan 18 nilai karakter pendidikan nasional di antaranya: Religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, berpikir logis, mandiri, rasa ingin tahu, cinta ilmu, toleransi, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai keberagaman, peduli lingkungan, peduli sosial. Selain itu Dayah juga menerapkan nilai panca jiwa dan motto Dayah. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannya: minimnya waktu latihan, kurangnya kesadaran siswa akan disiplin waktu, minimnya kompentensi pembimbing. Upaya yang dilakukan: memaksimalkan waktu latihan, memahamkan santri tentang management waktu, meningkatkan kompetensi melalui banyak membaca panduan kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Suyanta, M.Ag Pembimbing II : Muhajir, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Santri, Kegiatan Ekstrakurikuler.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dini Asiqoh Dini
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:26
Last Modified: 05 Jul 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17630

Actions (login required)

View Item
View Item