Yassir, 160206121 (2021) Manajemen Laboratorium Komputer Dalam Mewujudkan Kompetensi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Yassir, 160206121, FTK, MPI, 082166713959_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (17MB) | Preview
Abstract
Laboratorium komputer merupakan salah satu komponen pendukung dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pengelolaan laboratorium komputer terdiri dari beberapa komponen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam mewujudkan skill IT peserta didik peran kepala laboratorium komputer dalam mengelola sangat dibutuhkan karena sarana pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang baik akan menjadikan pembelajaran yang efektif. Adapun tujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium komputer di SMAN 1 Sigli, untuk mengetahui efektifitas pengelolaan laboratorium komputer terhadap mewujudkan kompetensi peserta didik di SMAN 1 Sigli, untuk mengetahui peluang dan tantangan pengelolaan laboratorium komputer dalam mewujudkan skill IT di SMAN 1 Sigli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala laboratorium komputer dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium komputer dalam mewujudkan skill IT siswa dilakukan dengan efektif kepada peserta didik, tidak hanya mengikuti seminar, peserta didik juga melakukan pelatihan komputer sebulan sekali pada pertengahan bulan. Kemudian efektifitas pengelolaan laboratorium komputer terhadap mewujudkan kompetensi peserta didik di SMAN 1 Sigli juga sudah berjalan dengan efektif, karena kepala laboratorium membuat aturan dalam menggunakan fasilitas laboratorium agar peserta didik disiplin. Peluang pengelolaan laboratorium komputer dalam mewujudkan Skill IT di SMAN 1 Sigli adalah dengan fasilitas yang memadai maka siswa SMA Negeri 1 Sigli dapat mengikuti UNBK dengan seretak tanpa ada pembagian jadwal. Kemudian tantangan siswa mampu menghadapi Era Globalisasi 4.0 yang semua berbasis IT baik dari dunia pendidikan atau pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yassir Yassir |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 03:20 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 03:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17665 |