Agrowisata Dan Inovasi Desa Tertinggal (Studi Kasus Sinergisitas Perangkat Desa Kuyun Kecamatan Celala Kabaputen Aceh Tengah)

Rahmah Ulpa, 160305093 (2021) Agrowisata Dan Inovasi Desa Tertinggal (Studi Kasus Sinergisitas Perangkat Desa Kuyun Kecamatan Celala Kabaputen Aceh Tengah). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Agrowisata Dan Inovasi Desa Tertinggal (Studi Kasus Sinergisitas Perangkat Desa Kuyun Kecamatan Celala Kabaputen Aceh Tengah))
Rahmah Ulpa, 160305093, FUF, SA, 085399799080.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembangunan Desa Kuyun adalah pembinaan aparatur dan masyarakat dalam mengelola sebuah lahan pertanian menjadi objek Desa wisata kuyun. Dengan tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui bagaimana perangkat Desa bersinergisitas dalam membangun Desa Kuyun menjadi inovasi Agrowisata, serta bagaimana Perangkat Desa bersinergisitas mengantisipasi pelanggaran Syariat dalam membangun Desa kuyun menjadi Inovasi Agrowisata, hingga faktor pendukung dan hambatan dalam membangun Desa Kuyun menjadi Inovasi Agrowisata. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan menganalisis data hingga menarik kesimpulan. Narasumber terdiri dari kepala Desa, aparatur Desa, ketua pemuda dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berkerjasama antar masyarakat dan aparatur Desa dalam pembangunan yang di jadikan sebagai objek wisata di Desa Kuyun mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Desa, pembangunan Desa wisata ini tidak lepas dari aturan- aturan bersyariat islami, agar tidak merusak norma adat dan keislamiannya diperlukan agar Desa wisata tetap berjalan dengan baik, walaupun ada beberapa hambatan dan kedala yang dialami dalam membangun Desa untuk objek wisata, tidak mengurangi semangat mereka untuk menjadikan Desa lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr.Mahmuddin, S. Ag.,M.Si Pembimbing II : Arfiansyah,S.Fil., M.A
Uncontrolled Keywords: Agrowisata, sinergisitas dan Desa Teringgal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Rahmah Ulpa Ulpa
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:41
Last Modified: 07 Jul 2021 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17672

Actions (login required)

View Item View Item
TOP