Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Aksara Al-Qur'an Siswa MAN 4 Aceh Besar

Fahrus Rezayatul Aula, 170201039 (2021) Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Aksara Al-Qur'an Siswa MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, Perpustakan UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Aksara Al-Qur'an Siswa MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Upaya Guru Al-Qur'an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Aksara Al-Qur'an Siswa MAN 4 Aceh Besar)
Fahrus Rezayatul Aula, 170201039, FTK, PAI, 085341803080.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran agama yang sangat penting dalam pembelajaran, karena memaparkan tentang kalam Allah yang merupakan sumber hukum ajaran pokok bagi umat Islam dan umat Islam dituntut untuk dapat membaca dan menuliskannya dengan baik dan benar. Akan tetapi, yang didapati adalah sangat banyak dari kalangan siswa khususnya yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang dipengaruhi dengan berbagai faktor. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan literasi aksara Al-Qur’an siswa serta apa saja yang menjadi hambatan guru dalam meningkatkannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa adalah dengan membentuk program tahsin, memberikan motivasi, baca Al-Qur’an bersama, menerapkan metode tutor sebaya, memberikan bimbingan, menerapkan metode drill, bekerja sama dengan guru Bahasa Arab, bekerjasama dengan guru MTsN, memberikan bimbingan serta program unggulan tahfizh. Adapun hambatan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an yaitu fokus pembelajaran pada silabus, kurangnya motivasi pada diri siswa, kurangnya waktu pembelajaran, latar belakang pendidikan siswa, siswa kurang fokus dalam belajar, kurangnya penggunaan sarana dan prasarana, kurangnya minat siswa, kurang terbiasanya siswa dan kurangnya kemampuan siswa dalam membedakan huruf tersambung dan terpisah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrus Rezayatul Aula Fahrus
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:25
Last Modified: 07 Jul 2021 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17681

Actions (login required)

View Item
View Item