Pengembangan Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik Mahasiswa Pada Kegiatan Praktikum Makromolekul ProdiI Pendidikan Kimia FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh

Ricky Ashari H. Lubis, 160208039 (2021) Pengembangan Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik Mahasiswa Pada Kegiatan Praktikum Makromolekul ProdiI Pendidikan Kimia FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik Mahasiswa Pada  Kegiatan Praktikum Makromolekul ProdiI Pendidikan Kimia FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik Mahasiswa Pada Kegiatan Praktikum Makromolekul ProdiI Pendidikan Kimia FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh)
Ricky Ashari H. Lubis, 160208039, FTK, PKM, 082277069114_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik Mahasiswa Pada Kegiatan Praktikum Makromolekul Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh dilatarbelakangi oleh masalah asisten praktikum yang merasa kesulitan dalam memberikan nilai yang objektif kepada mahasiswa saat melakukan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar penilaian yang dikembangkan melalui validasi dari tim ahli, mengetahui respon asisten praktikum dan respon mahasiswa terhadap lembar penilaian aspek psikomotorik mahasiswa pada kegiatan praktikum makromolekul Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti praktikum makromolekul sebanyak 10 orang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Sugiyono dan instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket asisten praktikum dan lembar angket mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melakukan validasi lembar penialaian oleh validator ahli, dan angket respon asisten praktikum, angket respon mahasiswa yang masing masing angket diberikan kepada asisten praktikum dan mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari validator I sebesar 78 %, validator II sebesar 74% dan validator III sebesar 78% dan dapat dikategorikan valid. Hasil respon asisten praktikum dengan perolehan persentase sangat setuju 65,625 % dan setuju 34,375 %, sedangkan perolehan persentase mahasiswa yaitu 78, 33 sangat setuju dan 21,67 % setuju dan dapat dikategorikan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar penilaian aspek psikomotorik mahasiswa pada kegiatan praktikum makromolekul Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar Raniry Banda Aceh valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Ashari H. lubis
Date Deposited: 08 Jul 2021 02:51
Last Modified: 08 Jul 2021 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17683

Actions (login required)

View Item
View Item