Urgensi Konseling Islam dalam Upaya Menurunkan Stress (Studi Deskriptif pada Anggota Kepolisian Republik Indonesia di Polres Aceh Barat)

Yana Rosita, 160402030 (2021) Urgensi Konseling Islam dalam Upaya Menurunkan Stress (Studi Deskriptif pada Anggota Kepolisian Republik Indonesia di Polres Aceh Barat). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Urgensi Konseling Islam dalam Upaya Menurunkan Stress]
Preview
Text (tentang Urgensi Konseling Islam dalam Upaya Menurunkan Stress)
Yana Rosita, 160402030, FDK, BKI, 082361402540.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Setiap pekerjaan terdapat tupoksi dan beban kerja masing-masing individu dalam melaksanakan pekerjaannya. Stres kerja kerap terjadi pada individu dikarenakan tugas kerja yang begitu banyak harus diselesaikan dalam waktu terbatas dengan kapasitas berbeda yang dimiliki individu. Ketika pekerjaan tidak dapat diselesaikan sesuai dengan harapan maka tekanan secara mental akan dirasakan oleh individu yang berpengaruh kepada fisik dan psikis, sehingga layanan konseling Islam perlu dilakukan untuk menangani tekanan stres kerja. Maka penelitian ini akan mencari jawaban dari rumusan masalah upaya yang dilakukan oleh Anggota Kepolisian Republik Indonesia untuk menurunkan Stress di Polres Aceh Barat. Faktor yang menyebabkan Stress pada Anggota Kepolisian Republik Indonesia di Polres Aceh Barat serta layanan Konseling Islam penting diterapkan bagi Anggota Polri Aceh Barat yang mengalami stres kerja pada Polres Aceh Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode diskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi nonpartisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 8 orang Anggota Polri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk menurunkan stres mealui coping stres jangka pendek. Faktor yang menyebabkan stres kerja tidak ada dukungan dari rekan kerja dan orang terdekat, pekerjaan yang terlalu banyak harus diselesaikan dalam waktu singkat. Konseling Islam penting diterapkan pada Anggota Polri yang mengalami stres kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yana Rosita Yana
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:34
Last Modified: 12 Jul 2021 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17687

Actions (login required)

View Item
View Item