Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan

Nazariani, 160208034 (2021) Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan]
Preview
Text (Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan)
Nazariani, 160208034, FTK, PKM, 082274955672.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya referensi guru dalam menyusun soal berpikir kritis. Soal-soal dengan kriteria berpikir kritis masih merupakan hal yang tabu, sehingga guru masih memberikan soal yang hanya mengukur tingkat pemahaman siswa dengan soal-soal yang memiliki jenjang kognitif C1-C3. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah instrumen tes berpikir kritis yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah instrumen yang digunakan sudah valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Data dikumpulkan melalui tes yang diberikan dengan model Tiruneh, yang terlebih dahulu diujicobakan pada 15 siswa. Uji keterbacaan dari 15 siswa tersebut dihitung menggunakan aplikasi statistika SPSS 25,0. Hasil dari uji keterbacaan diperoleh hasil validasi dari setiap butir soal rhitung > rtabel dan hasil reliabilitas setiap butir soal lebih besar dari > 0,60 dinyatakan reliabel. Setelah uji keterbacaan tes akan diuji dalam skala besar diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Bahagia secara umum tergolong cukup dengan perolehan nilai rata-rata 46,78.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nazariani Nazariani
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:03
Last Modified: 09 Jul 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17702

Actions (login required)

View Item
View Item