Perancangan Pusat Kreativitas Anak (Pendekatan Arsitektur Perilaku)

Windi Astini, 160701008 (2021) Perancangan Pusat Kreativitas Anak (Pendekatan Arsitektur Perilaku). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perancangan Pusat Kreativitas Anak (Pendekatan Arsitektur Perilaku)]
Preview
Text (Perancangan Pusat Kreativitas Anak (Pendekatan Arsitektur Perilaku))
Windi Astini, 160701008, FST, ARS, 082167769908.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang tingkat kreativitasnya masih tergolong rendah. Menurut hasil penelitian penurunan kreativitas ini sebabkan oleh gadget. Selain memberikan dampak positif namun gadget memiliki dampak yang lebih besar, terlebih lagi jika di persalahgunakan seperti menonton pornografi, bermain game online terlalu lama, menggunakan sosial media terlalu berlebihan, dan sebagainya. Maka tidak dipungkiri bila hal ini akan menurunkan daya kreativitas generasi penerus bangsa. Generasi milenial semakin bermalas-malasan dan tidak menciptakan inovasi baru demi memajukan bangsa. Maka diperlukan suatu tempat yang dapat meningkatkan daya kreativitas anak dan menyembuhkan anak-anak yang sudah terlanjur terpapar kecanduan gadget. Perancangan Pusat Kreativitas Anak diharapkan mampu meningkatkan daya kreatif dan inovatif generasi bangsa dan dapat menggunakan teknologi seperti gadget dengan sebagaimana mestinya. Perancangan dilakukan dengan pendekatan Arsitektur Perilaku. Tujuan dari penerapan pendekatan ini agar bangunan yang di rancang mampu menambah daya kreativitas anak dengan memperhatikan perkembangan psikologi anak. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu proses penyembuhan bagi anak yang telah terpapar gadget dan menambah kreativitas anak. Dari hasil analisa diperoleh konsep-konsep perancangan yang akan diterapkan pada perancangan Tugas Akhir. Konsep-konsep tersebut berupa playful yang mendukung pendekatan Arsitektur Perilaku khususnya bagi anak dan remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Gadget, Arsitektur Perilaku, Playful
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Windi Astini
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:16
Last Modified: 12 Jul 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17742

Actions (login required)

View Item
View Item