Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Kabupaten Aceh Selatan

Mika Rahmayuni, 150802068 (2020) Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Kabupaten Aceh Selatan)
Mika Rahmayuni, 150802068, FISIP, IAN, 085276696614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas tentang Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dimana program KUBE merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program KUBE di Kabupaten Aceh Selatan beserta hambatannya. Penelitin ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi informan kunci adalah Kepala Dinas Sosial, Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Fakir Miskin, tenaga pendamping, dan anggota kelompok penerima bantuan KUBE. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawacara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program KUBE di Kabupaten Aceh Selatan tahun 2015 sampai 2017 hanya 40% yang mencapai tahap perkembangan, tahap kemitraan 10-15%, sehingga implementasi masih belum maksimal. Adapun hambatan pelaksanaan program KUBE ini 40% tenaga pendamping yang aktif mendmpingi, selanjutnya Standard Operating Procedure (SOP) pelaksana program KUBE di Kabupaten Aceh Selatan belum ada sehingga masih mengacu pada petunjuk dari Kementerian Sosial RI. Kesimpulan penelitian ini adalah Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan telah melaksanakan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sesuai dengan aturan KUBE yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI. Pemerintah perlu menetapkan langkah-langkah melalui program kerja KUBE setiap periode, dan profesionalitas pendamping, dan perlu meingkatkan koordinasi antar stakeholder dalam pembinaan dan pengembangan usaha KUBE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program KUBE, Kesejahteraan Masyarakat Miskin
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Depositing User: Mika Rahmayuni Mika
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:51
Last Modified: 15 Jul 2021 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item
View Item