Sistem Proteksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy terhadap Penggunaan Jaringan Pipa Air Ilegal oleh Pihak Ketiga dalam Perspektif Milk Ad-Daulah

Bayu Adi Putra, 170102170 (2021) Sistem Proteksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy terhadap Penggunaan Jaringan Pipa Air Ilegal oleh Pihak Ketiga dalam Perspektif Milk Ad-Daulah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Sistem Proteksi Perusahaan Daerah Air Minum]
Preview
Text (tentang Sistem Proteksi Perusahaan Daerah Air Minum)
Bayu Adi Putra, 170102170, FSH, HES, 085362526288.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Air yang telah diproduksi PDAM merupakan aset yang harus dijaga eksistensinya oleh perusahaan dan juga konsumen itu sendiri dari penggunaan secara ilegal oleh pihak ketiga, sebab dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan dan berdampak langsung terhadap seluruh operasional usaha. Fokus karya ilmiah ini dan sekaligus tujuan penelitiannya yaitu bagaimana mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh manajemen PDAM Tirta Daroy untuk memproteksi jaringan pipa air PDAM dari penggunaan secara ilegal oleh pihak ketiga, tindakan terhadap temuan penyimpangan tersebut, serta perspektif konsep milk ad-daulah terhadap proteksi PDAM Tirta Daroy pada penggunaan jaringan pipa air secara ilegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif analisis melalui pengumpulan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa mekanisme pengawasan yang diterapkan Manajemen PDAM Tirta Daroy terhadap penggunaan jaringan pipa air secara ilegal oleh pihak ketiga dilakukan secara langsung dengan mengirimkan petugas untuk melakukan penyisiran, dan secara tidak langsung melalui analisis laporan terkait jaringan pipa distribusi berdasarkan tiga agenda kerja yakni agenda kerja harian, bulanan dan tahunan. Kebijakan yang diambil Manajemen PDAM Tirta Daroy terhadap temuan penggunaan jaringan pipa air secara ilegal oleh pihak ketiga dilakukan secara sistematis melalui tindakan penutupan sambungan ilegal, pemberian surat peringatan, pemberian sanksi, melakukan evaluasi dan monitoring hingga melakukan pemasangan kembali. Sistem proteksi yang dijalankan Manajemen PDAM Tirta Daroy terhadap penggunaan jaringan pipa air secara ilegal oleh pihak ketiga telah sesuai dengan konsep milk ad-daulah dalam hukum Islam dengan mengadakan kegiatan pengawasan dan penetapan kebijakan mengenai tindakan lebih lanjut terhadap temuan sambungan ilegal tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Bayu Adi Putra Bayu
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:34
Last Modified: 13 Jul 2021 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17752

Actions (login required)

View Item
View Item