Penerapan Model Koopratifi Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada TEMA 7 cita-citaku

Nasriah, 140209030 (2020) Penerapan Model Koopratifi Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada TEMA 7 cita-citaku. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Koopratifi Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada TEMA 7 cita-citaku]
Preview
Text (Penerapan Model Koopratifi Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada TEMA 7 cita-citaku)
Nasriah, 140209030, FTK, PGMI, 082298244409.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatobelakangi oleh adanya permasalahan yaitu kurangnya aktivitas belajar siswa dan belum tercapainya hasil belajar siswa yang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model STAD di kelasI V MIN 8Aceh Besar (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan model STAD di kelas V MIN 25 Aceh Besar (3) Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model STADdi kelas V MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I V A MIN 8 Aceh Besar yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model STAD. Tes yang digunakan berbentuk soal essay yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran Aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Model Kooperatif Tipe STAD, pada siklus I hanya mencapai kategori baik yaitu 65,38% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,38% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Model Kooperatif Tipe STAD, pada siklus I mencapai kategori baik yaitu 71,42% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,85% dengan kategori sangat baik.Adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Model Kooperatif Tipe STAD di kelas IV MIN 8 Aceh Besar. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata pre-test sebesar 43,91, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 67,11. Pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 72,83, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 89,83. Nilai ini sudah mencapai KKM yang diterapkan di sekolah tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra.Tasim Idris, M Ag Pembimbing II : Al Juhra, S.Sos.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Model STAD Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nasriah Nasriah
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:40
Last Modified: 13 Jul 2021 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17762

Actions (login required)

View Item
View Item