Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di SMA Negeri 3 Abdya

Yulanda Ulfa, 150205042 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di SMA Negeri 3 Abdya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di SMA Negeri 3 Abdya]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di SMA Negeri 3 Abdya)
Yulanda Ulfa, 150205042, FTK, MTK, 085262646045.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep sangat penting untuk dimiliki oleh siswa, karena ketika siswa mempelajari matematika, konsep matematika harus dipahami terlebih dahulu dengan baik agar siswa dengan mudah menyelesaikan soal-soal matematika. Pada kenyataannya, siswa mengalami masalah dengan pemahaman konsep matematis, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung pada siswa SMA Negeri 3 Abdya. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) ini mempunyai empat langkah yaitu: presentasi kelas, belajar kelompok, tournament, penghargaan kelompok. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran TGT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperiment design (pre-test dan post-test control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Abdya, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tulis kemampuan pemahaman konsep. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak atau cluster sampling. Hasil penelitian menggunakan statistik uji-t diperoleh dan maka sehingga terima H1 dan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yulanda Ulfa
Date Deposited: 14 Jul 2021 09:27
Last Modified: 14 Jul 2021 09:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17773

Actions (login required)

View Item
View Item