Penerapan Sistem Uji Kelayakan Pada Pembiayaan Musyarakah di PT Bank Aceh Menurut Konsep Syirkah (Studi Kasus Pada PT Bank Aceh KCP Beureunuen)

Zahratul Izami, 160102114 (2021) Penerapan Sistem Uji Kelayakan Pada Pembiayaan Musyarakah di PT Bank Aceh Menurut Konsep Syirkah (Studi Kasus Pada PT Bank Aceh KCP Beureunuen). ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan   Sistem    Uji   Kelayakan   Pada   Pembiayaan Musyarakah di PT Bank Aceh   Menurut Konsep Syirkah (Studi Kasus Pada PT Bank Aceh KCP Beureunuen)]
Preview
Text (Penerapan Sistem Uji Kelayakan Pada Pembiayaan Musyarakah di PT Bank Aceh Menurut Konsep Syirkah (Studi Kasus Pada PT Bank Aceh KCP Beureunuen))
Zahratul Izami, 160102114, FSH, HES, 081265196923.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank Aceh KCP Beureunuen sebagai salah satu bank yang memiliki produk penyaluran dana yaitu, pembiayaan musyarakah. Pembiayaan musyarakah termasuk pembiayaan jangka panjang yang membutuhkan analisa akurat agar bank tidak menanggung risiko atau kerugian yang besar. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Aceh KCP Beureunuen dengan tujuan untuk mengetahui standar sistem uji kelayakan pembiayaan musyarakah pada Bank Aceh, untuk mengetahui penerapan sistem uji kelayakan pembiayaan musyarakah pada Bank Aceh dan ditinjau dengan konsep syirkah. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar uji kelayakan pembiayaan musyarakah di Bank Aceh KCP Beureunuen memperhatikan prinsip 5C; character, capacity, capital, condition, dan collateral. Untuk memperoleh pembiayaan musyarakah, bank lebih menitik beratkan beberapa indikator yang harus nasabah perhatikan diantaranya adalah kejelasan usaha, agunan, BI Cheking, dan monitoring. Secara teknis, Bank Aceh KCP Beureunuen telah menerapkan standar uji kelayakan yang ditetapkan dimana nasabah yang mengajukan pembiayaan musyarakah harus memenuhi standar uji kelayakan, nasabah akan diproyeksi oleh Bank Aceh KCP Beureunuen dengan cara menemui langsung calon nasabah pembiayaan terkait, menganalisis prospek usaha nasabah yang sedang berjalan, dan meninjau nilai agunan yang sesuai dengan komposisi modal yang dikeluarkan bank, serta tahapan dalam proses BI Cheking. Berdasarkan konsep syirkah, Bank Aceh KCP Beureunuen melakukan beberapa penilaian dalam memenuhi kriteria. Penilaian yang dilakukan harus menyeluruh dan mencakup segala aspek. Menerapkan uji kelayakan terhadap nasabahnya pada konsep syirkah berdasarkan akad sesuai dengan rukun dan syarat musyarakah itu sendiri seperti adanya dua orang yang berakad atau lebih, porsi modal dan usaha yang jelas. Ketiga karakteristik tersebut telah memenuhi standar uji kelayakan yang ditetapkan Bank Aceh KCP Beureunuen.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Faisal, S. Th., MA. Pembimbing II : Muhammad Iqbal, MM
Uncontrolled Keywords: Uji Kelayakan, Bank Aceh, Pembiayaan Musyarakah, Syirkah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.24 Syarikah/Musyarakah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zahratul Izami Izami
Date Deposited: 15 Jul 2021 01:55
Last Modified: 15 Jul 2021 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17791

Actions (login required)

View Item
View Item