Penerapan Klausula Eksonerasi pada Perjanjian Pengiriman Barang Jasa Angkutan Darat (Suatu Penelitian pada Indah Group di Kota Banda Aceh)

Nurhayati, 150106075 (2021) Penerapan Klausula Eksonerasi pada Perjanjian Pengiriman Barang Jasa Angkutan Darat (Suatu Penelitian pada Indah Group di Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Klausula Eksonerasi pada Perjanjian Pengiriman Barang Jasa Angkutan Darat (Suatu Penelitian pada Indah Group di Kota Banda Aceh))
Nurhayati, 150106075, FSH, IH, 082237802676.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

PT Indah Group merupakan perusahaan pengiriman barang milik salah seorang Bapak H. Arisan Aziz, yang bergerak dibidang pengiriman jasa. Namun perjanjian dalam bidang bisnis yang pada umumnya berbentuk baku senantiasa berkesan sebagai perjanjin yang tidak seimbang dengan adanya pencantuman klausula eksonerasi. Penerapan klausula eksonerasi yang mengalihkan tanggungjawab dari penyedia jasa pengiriman barang kepada pengguna jasa pengiriman barang tidak diatur secara tegas dalam KUHperdata namun diatur dalam pasal 18 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. penggunaan klausula eksonerasi pada perjanjian pengiriman barang melalui jasa angkutan darat. Penerapan klausula ini dapat memberatkan pengguna jasa pengiriman barang di Indah Group. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menjelaskan penerapan klausula eksonerasi pada perjanjian baku pengiriman barang jasa angkutan darat di indah group, menjelaskan perlindungan hukum bagi pengguna jasa pengiriman barang melalui jasa angkutan darat dengan adanya klausula eksonerasi dalam perjanjian baku, dan konsekuensi yang dihadapi dari penerapan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian Normatif dan Sosiologis.Karena data yang diperoleh dari penelitian berupa wawancara dengan pihak yang berkaitan serta data yang bersumber dari perpustakaan dan mengkaji peraturan perundang-undangan. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa, Hak-hak konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha mendapatkan perlindungan hukum oleh Undang-undang pasal 45 dan pasal 19 ayat (1) (2) (3) dan (4) Undang-undang Perlindungan Konsumen dimana pihak pengguna jasa pengiriman barang dapat menuntut ganti rugi sesuai dengan kerugian yang dideritanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Maulana, S.Ag., M.Ag. Pembimbing II : Bustamam, S.HI., M.A
Uncontrolled Keywords: Penerapan Klausula Eksonerasi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.211 Salam (Pemesanan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 14 Jul 2021 09:28
Last Modified: 14 Jul 2021 09:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17794

Actions (login required)

View Item View Item
TOP