Efektifitas Layanan Konseling Kelompok terhadap Peningkatan Self control pada siswa SMK Negeri 1 Lhokseumawe

Rahmat Mubarak, 140213071 (2020) Efektifitas Layanan Konseling Kelompok terhadap Peningkatan Self control pada siswa SMK Negeri 1 Lhokseumawe. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektifitas    Layanan    Konseling    Kelompok]
Preview
Text (Efektifitas Layanan Konseling Kelompok)
Rahmat Mubarak, 140213071, FTK, BK, 082363191303.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam mengontrol dirinya dapat menyebabkan hal-hal yang negatif terhadap lingkungan sekitarnya terutama kepada teman sebaya. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan membentuk hubungan sosial, penyesuaian diri dalam lingkungan keluarga dan sekolah serta peranan Guru BK belum sepenuhnya di aktifkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan self control pada siswa setelah diterapkannya layanan konseling kelompok di SMKN 1 Lhokseumawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode, yaitu one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada siswa yang mengalami kelainan sikap, pendapat dan persepsi yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian layanan konseling kelompok dapat meningkatkan self control pada siswa di SMKN 1 Lhokseumawe. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 359 siswa, menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan paired sample t test pada aplikasi SPSS. Terdapat 10 siswa yang memiliki self control sesudah dilakukan penelitian. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan self control pada siswa SMKN 1 Lhokseumawe yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yaitu 0,000<0,05, sehingga H0 ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan self control pada siswa dapat mengendalikan emosi dan mengontrol diri sehingga dapat menekan perilaku yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Rahmat Mubarak Rahmat
Date Deposited: 15 Jul 2021 03:41
Last Modified: 15 Jul 2021 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17810

Actions (login required)

View Item
View Item