Gaya Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya)

Hijri Iqbal, 411206534 (2019) Gaya Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Gaya Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa  (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya)]
Preview
Text (Gaya Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya))
Hijri Iqbal, 411206534, FDK, KPI, 082246832966.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Gaya komunikasi merupakan gaya yang digunakan komunikator dalam menyampaikan pesan. Setiap komunikator mempunyai gaya komunikasi dan ciri khas berbeda-beda. Perbedaan ini dapat dilihat dari segi budaya, pendidikan, lingkungan keluarga, pengalaman dan lain sebagainya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bentuk gaya komunikasi dalam meningkatkan disiplin siswa dan untuk mengetahui efektifitas gaya komunikasi dalam meningkat kedisiplinan siswa. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif bersifat deskriptif, Teknik sampling menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 15 September 2018 s/d 3 Januari 2019 dengan cara melakukan wawancara pada MAS Lamno. Pengambilan sampel menggunakan non-random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru di Madrasah Aliyah Swasta Lamno. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa gaya komunikasi dalam meningkatkan disiplin siswa dilakukan dengan ciri khas gaya komunikasi masing-masing. Selain itu gaya komunikasi yang dilakukan guru MAS berbeda-beda, efektifitas gaya komunikasi yang dilakukan guru MAS Lamno dalam meningkatkan kedisiplinan siswa tergantung siswa itu sendiri. Komunikasi efektif perlu juga berpakaian sopan. Tata cara atau ekspresi mengambarkan seorang tersebut memiliki gaya komunikasi yang mampu mendisiplinkan siswanya. Target yang ingin dicapai dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dapat memahami pelajaran yang diberikan sehingga membantu nilai siswa menjadi bagus nantinya, kendala muncul dari tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda, dan hampir sebahagian anak dari dasar tidak mau menulis sehingga harus dipaksa supaya mau menulis. materi kepada siswa yang ingin bertanya dan menyangkut umpan balik untuk menilai pemahaman siswa terhadap apa yang telah dijelaskan, dan evaluasi guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa ketika menyampaikan informasi dilakukan secara lembut agar orang yang mendengarkan serius. Peneliti berharap pada penelitian selanjutnya bisa dijadikan referensi, mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan konsep teori strategi komunikasi dan Sebagai bahan informasi guru terhadap gaya komunikasi dalam meningkatkan disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Disiplin, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hijri Iqbal Iqbal
Date Deposited: 15 Jul 2021 04:42
Last Modified: 15 Jul 2021 04:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17826

Actions (login required)

View Item
View Item